Telaga Biru – Wisata Hits Para Instagramers

Bicara tentang Gunung Kidul, gak akan pernah habis untuk diceritakan, apalagi tentang tempat wisatanya, sebab kabupaten paling timur dari Kota Jogja ini selalu memunculkan dan wisata baru, dan hampir pasti selalu terekspos para penjelajah keindahan.

Kali ini yang akan Wisatajawa bicarakan adalah Telaga Biru Semin Gunung Kidul, merupakan wisata baru dari Gunung Kidul yang lagi hits banget di kalangan anak muda Jogja, Telaga Biru ini menawarkan panorama alam yang begitu indah berupa pegunungan kapur dan telaga yang berwarna hijau (walaupun namanya Telaga Biru hehehe).

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang hobby hunting foto, apalagi di musim penghujan seperti ini, volume air di Telaga Biru akan sangat terisi dan sangat indah.

Untuk menuju Telaga Biru, anda akan melewati bekas tempat penambangan batu kapur yang kemudian didiamkan begitu saja, yang kemudian meninggalkan kolam kolam yang kemudian terisi oleh curahan air hujan, terdapat empat kolam yang biasa digunakan untuk mandi dan berfoto-foto.

telaga-biru

Rute Menuju Telaga Biru Gunung Kidul

Lokasi telaga Biru ini terletak di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kecamatan Semin Gunung Kidul. Lokasi wisata Telaga Biru ini memang berada di ujung timur laut dan berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo, jadi cukup jauh juga jika ditempuh dari Kota Jogja. namun tenang saja karena akses menuju telaga Biru ini cukup mudah. Telaga Biru ini memiliki kedalaman 5-8 meter, so harus tetap waspada jika bermain di sini bagi yang tidak bbisa berenang sebaiknya menyewa pelampung buat jaga jaga kalau terpeleset dan tercebur.

Untuk menuju Telaga Biru di Gunung Kidul, jika berangkat dari Jogja adalah melalui jalur utara, Jl Solo kemudian sampai Prambanan dan Klaten ambil arah Cawas selanjutnya ada pertigaan belok kiri ambil arah Sukoharjo, sesampainya di tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul akan ada jalan cor blok ganda ikuti saja jalan tersebut dan arahkan pandangan mata ke bukit kapur yang ada di depan, sampai deh. atau bisa search via google map di koordinat  : 7° 48′ 56.81″ S 110° 45′ 50.08″ E

067409200_1454306282-telagabiruu

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Saat ini tempat wisata bagus Gunung Kidul ini masih gratis alias tidak dipungut biaya, hanya cukup membayar ongkos parkir saja. Untu persewaan pelampung harganya Rp. 10.000. Tips berkunjung ke Telaga Biru, untuk mendapatkan view yang bagus adalah saat pagi hari atau bisa juga pas sore hari sambil melihat sunset dari atas bukit kapur, tapi tetap harus waspada karena tempat ini merupakan penambangan aktif yang masih banyak aktivitas penambang dan kendaraan besar lalu lalang.

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply