RUMAH JOGLO-RUMAH ADAT UNIK DI INDONESIA

wisatajawa.com – Siapa yang tidak tahu rumah joglo? Pastinya kalian tahu atau hanya pernah sekedar dengar nama itu. Pada zaman dulu rumah joglo adalah rumah tradisional masyarakat di jawa. Hampir setiap rumah berbentuk rumah joglo. Bangunan yang terbuat dari kayu dengan atap yang berbentuk tajug atau semacam piramida yang mengacu pada bentuk gunung. Sehingga dari sinilah nama joglo mucul. Istilah joglo berasal dari 2 kata, tajug dan loro yang bermakna penggabungan dua tajug. Bentuk atap yang dianggap gunung oleh masyarakat diyakini sebagai sesuatu yang sakral karena gunung merupakan tempat tinggal para dewa.

Bangunan rumah joglo memiliki arti tersendiri disetiap penataannya. Empat tiang yang menjadi penyangga disebut soko guru, yang memiliki arti adanya kekuatan yang dipercaya sebagai empat penjuru mata angin. Pendapa yang terletak didepan tanpa dinding bermakna karakter orang jawa yang ramah dan terbuka. Selanjutnya, bagian pringgitan adalah tempat dimana pemilik rumah menyimbolkan diri sebagai bayang-bayang Dewi Sri. Dewi padi ini dianggap sebagai sumber segala kehidupan, kesuburan dan kebahagiaan. Terletak antara pendapa dan dalem, pringgitan digunakan sebagai tempat untuk menggelar pertunjukan wayang yang berkaitan dengan upacara ruwatan adat. Dan yang terakhir adalah bagian utama dari rumah joglo ini atau sering disebut dalem. Dalem digunakan sebagai tempat keluarga.

Namun seiring berjalannya waktu rumah joglo sudah tidak banyak dijumpai. Dikota, kalian hanya akan menjumpai bangunan modern saja namun, bila kalian berkunjung ke perdesaan kalian bisa menjumpai rumah joglo disana, karena bangunan rumah-rumah diperdesaan yang masih tradisional.

Rumah joglo adalah hunian yang menjadi warisan budaya Indonesia. Tak hanya itu, Indonesia masih memiliki berbagai macam bentuk rumah adat yang unik. Sebuah kebanggaan bangsa Indonesia yang memilki keberagaman dan keunikan ras, adat dan budaya. Sebagai generasi bangsa kita harus melestarikan keberagaman yang dimiliki oleh negara.

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply