PESONA PUNCAK GUNUNG ANDONG

wisatajawa.com –¬†Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.463 m atau setara dengan 4.800 kaki. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang. Berdampingan dengan gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Gunung andong menjadi salah satu spot pendakian yang menarik. Gunung ini sudah sangat terkenal dikalangan pendaki, dengan trek yang mudah untuk dilewati bagi kaum pendaki pemula dan dengan ketinggiannya yang membutuhkan waktu yang pendek untuk sampai ke puncak. Selain itu, sebagian jalur pendakian juga sudah dibuat berbentuk tangga oleh pengelola setempat, baik dari bebatuan maupun sekedar perbaikan jalur dengan bambu. Dan yang membuat pendaki merasa tenang karena sangat kecil kemungkinan untuk tersesat. Karena gunung andong tidak memiliki percabangan alias hanya satu jalur saja. Jikalaupun tersesat maka pendaki dapat dengan mudah akan menemukan jalur kembali karena dari pemukiman penduduk berjarak cukup dekat dan sudah terlihat dari lereng.

Gunung andong memiliki daya tarik tersendiri bagi pendaki. Walaupun merupakan gunung kecil, namun gunung andong memiliki pemandangan yang cukup populer yaitu gunung merapi dan gunung merbabu disisi timur, dan gunung sumbing, sindoro dan gunung slamet jauh disisi barat gunung andong.

Sehingga tak heran jika gunung ini dikenal dengan sebutan andong. Dari atas puncak, kamu juga bisa merasakan adanya kabut yang menyelimuti sehingga membuat suasana semakin sejuk dan menyegarkan. Kabut tersebut hanya akan lewat begitu saja, setelah itu menunjukkan panorama alam yang asri dan tampak sangat hijau. Selain itu kamu dapat melihat sunrise atau sunset yang indah dari atas puncak gunung andong.

Gunung andong memiliki 4 puncak yang berjejeran dengan rapi. Puncak andong berbentuk memanjang mulai dari arah barat hingga ke timur. 4 puncak itu memiliki nama masing-masing, di paling barat dikenal dengan nama puncak makan. Lalu dilanjuti dengan puncak jiwa, andong dan terakhir puncak alap-alap yang berada pada bagian paling timur. Dan yang memiliki puncak paling tertinggi diantara ke-4 puncak itu adalah puncak andong.

Jangan cemas, dipuncak kamu juga dapat menemukan mata air, karena memang sudah terpasang pipa yang mengalirkan air untuk pendaki. Tak terkecuali dipuncak gunung andong ada warung yang menyediakan makanan dan minuman, dengan begitu rasa lapar dan lelah selama mendaki akan terbayarkan dengan menikmati makanan diatas puncak.

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply