Pedas yang menggoda dari Sambel Lethok Boyolali

wisatajawa.com – Sambel Lethok adalah Salah Satu Wisata Kuliner khas Boyolali yang sering disebut dengan sambal tumpang khas Boyolali. Kuliner tradisional ini banyak dijumpai di Boyolali. Sambel Lethok ini dicampur dengan nasi atau bubur, sayur, dan tahu. Sebenarnya Sambel Lethok ini lebih umum disebut dengan sambal tumpang, tetapi di Boyolali tempat saya tinggal banyak menyebutnya dengan Sambel Lethok Sambal tumpang ini sebenarnya tak hanya ada di Boyolali, tetapi juga ada di Solo dan sekitarnya dengan nama sambal tumpang. Nasi sambal Tumpang merupakan masakan yang terdiri dari nasi sambal tumpang dan ditambah dengan sayur-mayur sebagai pelengkap. Jika dilihat dan dipandang sepintas, Nasi Sambal Tumpang hampir sama dengan Sambal Pecel. Bahkan ada perpaduan antara sambal Tumpang dengan Sambal Pecel. Rasanya juga terasa enak. Bedanya sambal tumpang itu sambalnya terbuat dari tempe bosok (busuk) yang ditumbuk halus.

Tempe bosok memang sengaja dibuat busuk dan dijual. Rasa yang ditimbulkan dari tempe bosok ini yaitu rasa sangit. Namun rasa dari tempe bosok terasa berbeda ketika sudah diolah bersama beberapa bumbu lain seperti kencur, daun jeruk, dll. Selain itu, di dalam Sambal Tumpang ini juga terdapat tahu yang diolah bersama Sambal Tumpang ini. Nasi Sambal Tumpang ini biasanya cocok untuk dihidangkan pada pagi hari sebagai menu makan pagi. Apalagi dengan nasi yang masih hangat. Nasi Sambal Tumpang ini cocok dinikmati dengan lauk Telur, Tempe, Bakwan, Rambak, Krupuk, dan Ayam.

Sambal tumpang sangat mudah ditemui di seluruh penjuru kota Boyolali sampai Kota Solo karena memang letaknya yang berdekatan. Harga sambel Lethok yang tergolong murah ini menjadi pengaya berbagai icon Wisata Jawa ,termasuk kulinernya. Jika ingin mencoba menu yang lebih unik, anda bisa menggabungkan nasi urap dengan sambal tumpang yang disiramkan di atasnya. Jadilah menu fusion nasi urap sambal tumpang atau sega gudhang sambal tumpang yang menggugah selera. Sambal tumpang (atau sambal lethok) Boyolali memiliki kuah yang lebih kental daripada sambal tumpang versi Salatiga. Isiannya pun hanya menggunakan tahu, tidak ada daging, koyor, ataupun bahan hewani lainnya. Untuk lauknya anda bisa menambahkan irisan empal, paru, atau yang lainnya sesuai selera anda.

Referensi dari kabarkuliner.com

ingin melihat paket wisata menarik dari kami, klik disini

 

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply