Negeri Diatas Awan

Keindahan alam di Indonesia diberbagai propinsi sangatlah mengagumkan, salah satunya adalah Puncak B29 Lumajang yang berada di Jawa Timur, lebih tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Puncak B29 ini berdekatan dengan Gunung Bromo dan Gunung Semeru, dan masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Dari Puncak B29 anda dapat melihat keindahan hamparan awan putih, oleh karena itu Puncak B29 disebut dengan “Negeri Diatas Awan”.

Sudah tidak diragukan lagi kecantikannya, Puncak B29 yang juga sering disebut dengan Puncak Argosari ini memilik tinggi 29000 mdpl. Puncak ini merupakan Puncak tertinggi di kawasan Gunung Bromo, oleh sebab itu anda dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan vegetasi khas Gunung dan savanna ditambah dengan udara dingin. Di Kawasan Puncak B29 ini dibagi menjadi dua kawasan yaitu Kawasan Perkebunan Argosari yang membentuk barisan Pegunungan Mahameru serta puncak dan kalderanya yang sangat terkenal, yaitu Pasir Bromo. Selain menikmati keindahan alam dari Puncak B29, anda juga bisa mendirikan tenda, melihat sunrise dan sunset, atau anda bisa mendaki ke ranupane sampai ke Puncak Semeru.

Puncak-B29-Cover

Kenapa di Sebut Puncak B29 ? Orang – orang yang ada di Desa Argosari, penduduk yang masih asli Suku Tengger menyebutnya “Puncak Songolikur” dalam Bahasa Indonesia adalah Dua Puluh Sembilan, mungkin karena ketinggian Puncak ini 2900 mdpl. Asal – usul lain juga menjabarkan B29 karena B diartikan sebagai Bukit, dan 29 diartikan sebagai nomor urutan dari jumlah bukit. Naah, Puncak B29 ini bisa anda datangi menggunakan kendaraan pribadi ber roda 2, karena belum ada angkutan umum yang menuju kesini. Akses untuk menuju ke Puncak B29 agak susah dan jalanya menanjak. Dan sebelum menuju Puncak B29, anda akan melewati pos perijinan dan membayar tiket masuk Rp. 3.000, jarak dari pos retribusi ke Puncak kurang lebih 2km.

Wisata-Puncak-B29-Argosari

Kecantikan Puncak B29 tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan sunrise dan sunset Gunung Bromo, oleh karena itu anda bisa menjadikan Puncak B29 sebagai referensi tempat tujuan Wisata yang tidak boleh dilewatkan dari daftar objek Wisata yang ada di Jawa Timur.

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply