Museum Wayang Jakarta, sajian museum tradisional yang kaya ilmu.

wisatajawa.com – Kawasan kota Tua Batavia yang terdapat di Jakarta merupakan sebuah kawasan wisata sejarah yang memberikan informasi mengenai berbagai macam informasi berharga yang dapat anda ketahui. Salah satu tempat bersejarah yang dapat anda kunjungi yaitu Museum Wayang yang sangat dekat sekali dengan Museum Bank Indonesia.Objek wisata Museum Wayang menyajikan berbagai macam koleksi wayang dari seluruh wilayah Indonesia, seperti Jawa, Bali, Sumatera, Sunda dan beberapa koleksi wayang dari luar negeri. Saat ini diperkirakan koleksi wayang yang terdapat di dalam museum sudah mencapai 5.147 buah yang di dapatkan dari hibah, sumbangan dan pembelian.

Berdasarkan sejarahnya, nama Wayang merupakan sebuah istilah etimologi yang mengandung arti “Bayang – Bayang”, di mana nenek moyang kita pada zaman dahulu menggunakan media tersebut untuk melakukan komunikasi dengan roh leluhur dari seorang perantara yang bernama dalang. Seiring dengan perkembangan zaman, kini pentas Wayang telah menjadi sebuah sarana pendidikan, hiburan dan media informasi mengenai sebuah cerita dan sejarah masa lampau.

Sejarah Museum Wayang Jakarta di resmikan sekitar tahun 1975 oleh Ali Sadikin yang pada masa itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelum berubah menjadi Museum Wayang, museum ini di namakan sebagai museum Batavia yang didirikan oleh belanda pada tahun 1912 dan dilakukan pemugaran pada tahun 1938.Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa Gedung Museum Wayang merupakan bekas dari Gereja Belanda yang didirikan pada tahun 1736. Namun anggapan tersebut adalah salah besar, dikarenakan gereja tersebut telah runtuh akibat gempa bumi besar, dan dibangunlah museum di atas tanah tersebut.

Ketika anda tiba di objek wisata Museum Wayang, anda akan di sambut oleh kesenian tradisional betawi “ondel – ondel” yang merupakan kesenian khas betawi . Dan memasuki ruangan museum, anda akan melihat beragam jenis wayang yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya, seperti Wayang Golek, Wayang Kaca, Lukisan, Boneka Wayng, Wayang Suket dan masih banyak lagi yang lainnya.

Objek wisata Museum Wayang sangat cocok sekali dikunjungi bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh lagi tentang sejarah wayang yang ada di Indonesia bahkan luar negeri. Museum Wayang yang di buka untuk umum mulai hari selasa hingga minggu pada pukul 9 pagi hingga 3 sore ini sangat pas untuk anda yang sangat penasaran ingin mengorek lebih dalam tentang wisata Jawa . Salah satu Wisata Jakarta ini terbilang murah karena hanya dengan biaya masuk antara 600 rupiah hingga 2000 rupiah per orang anda sudah dapat menikmati sajian museum tradisional yang kaya ilmu.

Sumber : wikipedia

Ingin melihat paket wisata menarik dari kami, klik disini

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply