Kuliner Ngangenin dari Pemalang , Nasi Grombyang

wisatajawa.com – Pemalang adalah salah satu kota Wisata Jawa di Jawa Tengah yang sebagian wilayahnya berada di jalur pantai utara berdekatan dan berbatasan dengan Kabupaten Tegal dan Pekalongan. Letaknya yang berada di jalan nasional penghubung antara Jakarta-Semarang-Surabaya menjadi kabupaten ini ramai dikunjungi orang atau hanya sekadar dijadikan tempat singgah saat berada dalam perjalanan. Rasanya memang tidak lengkap jika mendatangi suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya., Kabupaten Pemalang punya makanan khas yang bernama Nasi Grombyang.

Nasi Grombyang merupakan Kuliner Pemalang berupa sajian soto yang berbahan daging sapi/kerbau dengan potongan lumayan besar yang dihidangkan dalam mangkuk lengkap dengan nasinya.  . iner yang menjadi kuliner khas kabupaten Pemalang ini mendapatkan namanya karena bentuk penyajiannya yang unik. Dengan penyajian porsi yang keadaan jumlahnya berbanding jauh. Kuah yang digunakan nasi ini terlihat lebih banyak daripada isi yang ada di dalamnya, sehingga pada waktu penyajian akan terlihat adanya goyangan/gerakan dari isi kuliner ini. Goyangan tersebut menjadi ciri khas nama Nasi Grombyang yang dapat dinikmati di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Tidak hanya itu, ada persepsi lain yang menyebutkan bahwa nama grombyang sendiri diambil dari kuali besar tempat Nasi Grombyang sebelum disajikan.

Potongan daging yang menyumbul ke permukaan dan taburan daun bawang yang menggoda akan membuat kuliner ini dirindukan oleh oleh siapapun yang pernah berkunjung ke kota yang dijuluki kota Ikhlas ini. Ditambah sambal sedikit akan lebih joss. Nasi Grombyang biasa disajikan dengan sate kerbau. Sate ini tidak seperti sate pada umumnya yang dibakar melainkan dimasak sedemikian rupa sehingga tampilannya agak kecoklatan. Dagingnya empuk dan so pasti, enak dilidah, nyaaam

Harga seporsi untuk Kuliner Pemalang Nasi Grombyang pada umumnya adalah Rp 14.000 . Untuk sate kerbau/sapi pelengkapnya cukup Rp 3.000 saja. Harga ini tidak tetap, artinya akan terupdate seiring berjalannya waktu dan harga sembako, weks. Untuk menemukan penjual Nasi Grombyang khas Pemalang ini tidaklah terlalu sulit. Pedagang yang menjajakan kuliner ini tersebar hampir di seluruh wilayah Pemalang. Tetapi yang paling ramai dikunjungi kebanyakan di daerah kota Pemalang sendiri, sekitar alun-alun kota Pemalang.

Referensi dari www.potensijateng.com

ingin melihat paket wisata menarik dari kami, klik disini

 

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply