Gunung Papandayan , Keindahan kawasan hadiah para dewa

wisatajawa.com – Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas wisata favorit belakangan ini. Selain wisatanya yang menantang , aktivitas ini juga mampu menjadikan kita semakin dekat dengan alam . Terlebih lagi , bukan hal yang sulit untuk menemukan wisata mendaki gunung di daratan Wisata Jawa. Salah satunya adalah Gunung Papandayan yang berlokasi di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.Gunung Papandayan menyimpan sejuta pesona dan daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Gunung aktif ini memiliki ketinggian mencapai 2.622 meter diatas permukaan laut (dpl). Secara tofografi, gunung ini berada di ketinggian sekitar 2.170 meter dengan konfigurasi umum yakni lahannya bergunung-gunung, berbukit, dataran dan berlembah.  

Mengujungi Gunung Papandayan seolah mendatangi kawasan yang dihadiahkan para dewa karena keindahan dan panorama alamnya yang menawan. Secara keseluruhan, luas kawasan objek wisata terkenal di Garut ini mencapai 7.132 hektar dimana terdiri dari cagar alam dan taman wisata alam. Gunung Papandayan ini memiliki sejumlah kawah yang di sepanjang tahunnya terus bergerak aktif, dimana diantaranya sekitar 4 kawah meletus pada 2002 silam. Daya tarik utama gunung ini karena kawahnya yang indah, panorama alam sekitarnya yang aduhai, pegunungan, dan wilayah perkemahan.Kesemua kawasan potensial itu berada di kawasan Taman Wisata Alam. Aktivitas utama yang biasanya dilakukan disini yakni hiking, kegiatan fotografi, trekking dan kegiatan rekreasi hutan. Disamping itu, ada juga aktifitas penunjang lainnya yakni penelitian flora dan fauna di cagar alam serta kegiatan untuk piknik dan berkemah anak-anak pramuka di kawasan Taman Wisata Alam.

Taman Wisata Alam memiliki flora yang dominan yaitu Hiur, Puspa, Pasang Hura, Saninten, Jamaju, Sega, Suwagi dan Kiteke. Sedangkan fauna yang dominan yaitu babi hutan, macan kumbang, macan tutul dan burung. Flora langka di Cagar Alam yaitu Saninten dan untuk faunanya rusa, elang Jawa, Lutung dan Surili. Kegiatan konservasi hewan dan tumbuhan dilakukan di Cagar Alam. Jika anda dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan wisata di wisata gunung ini , jangan lupa membawa berbagai perlengkapan yang di perlukan ya 

Referensi dari www.bandung.panduanwisata.id

ingin melihat pekt wisata menarik dari kami, klik disini

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply