Dawet Ireng Minuman Sehat Pelepas Dahaga

wisatajawa.com – Cuaca yang bisa di bilang cukup panas dan terik di kawasan Pulau Jawa tak ayal kerap kali mengundang rasa haus dan dahaga sepanjang hari. Karena alasan itulah acapkali minuman pelepas dahaga sering dicari . Berdasar inilah tidak sulit ditemukan para pedagang penjual minuman segar buatan tangan sendiri di setiap sudut kota Jawa. Terlebih di daerah-daerah kawasan Wisata Jawa yang seringkali dipadati oleh para wisatawan. Salah satu minuman tradisional pelepas dahaga yang berasal dari Jawa adalah Dawet Ireng. Dawet ireng dikenal sebagai minuman tradisional khas Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. Sampai sekarang minuman ini tetap eksis. Bahkan telah menyebar ke berbagai titik kota di Jawa.

Saat disajikan dalam mangkok, warna hitamnya cukup jelas. Setelah diminum terasa manis, sebab kuahnya terbuat dari santan dicampur dengan gula merah yang sudah dicairkan. Gula merah pilihan yang di gunakan untuk bahan kuah biasanya berasal dari Purworejo yang dikenal bagus kualitasnya. Adapun untuk membuat butiran dawet biasanya berbahan wujud merang padi dibakar sampai hitam lalu ditumbuk lembut. Bahan ini dicampur air dan disaring sehingga menghasilkan pewarna hitam. Selanjutnya air ini dicampur tepung sagu dan dimasak sambil diaduk-aduk sampai matang. Dalam keadaan masih panas atau hangat, bahan ini dicetak menggunakan alat mirip proses penyaringan. Cara pembuatan yang masih tradisional itulah yang membuat rasa dari Dawet Ireng begitu khas dan masih terasa sangat natural.

Bahkan santannya saat direbus diberi daun pandan agar aromanya wangi. Pemanisnya cukup menggunakan gula merah yang sudah dibuat cair. Harga seporsi dawet ireng menggunakan wadah mangkok, lanjutnya, cukup Rp 3.000. Selain diminum di tempat dapat juga dibungkus plastik untuk dibawa pulang. Namun untuk menikmati sensasi dawet ireng yang lebih terasa , alangkah baiknya jika menikmati minuman khas Purworejo ini dengan dinikmati di tempat. Minuman ini juga mudah ditemui di sekitaran komplek Candi Prambanan ,Yogyakarta . Di arah menuju kota Jogja terdapat para penjaja Dawet Ireng di sepanjang jalan. Terlebih berada di tempat yang rindang , menikmati Dawet Ireng di sekitar area Candi Prambanan Yogyakarta akan membuat anda rindu Jogja lagi dan lagi .

ingin melihat paket wisata menarik dari kami, klik disini

 

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply