Brekecek Kuliner Khas Nusantara dari Cilacap

wisatajawa.com – Brekecek adalah kuliner nusantara yang merupakan masakan tradisional berbahan dasar kepala ikan khas dari Cilacap, Jawa tengah. Makanan ini sangat unik dan memiliki cita rasa yang khas, sehingga di gemari oleh masyarakat Cilacap dan para wisatawan yang datang ke salah satu kota Wisata Jawa ini untuk menikmati paket wisata. Brekecek ini juga merupakan salah satu icon kuliner dari Cilacap yang sangat terkenal. Selain rasanya yang khas, nama makanan satu ini juga sangat unik sehingga membuat orang yang tidak tahu menjadi penasaran dan ingin mencicipinya. Nama Brekecek sendiri diambil dari kata “Brek” yang artinya “dijatuhkan/ diletakan”  dan “kecek” yang berarti “dikecek/ dicampur”. Dalam proses pembuatannya, kepala ikan yang di gunakan adalah ikan jahan. Ikan tersebut kemudian di potong – potong lalu dimasak dan di kecek/di campur dengan bumbu khusus sehingga bumbunya meresap. 

Brekecek ini memiliki 2 jenis, yaitu Brekecek ikan dan Brekecek basur/ itik serati. Walaupun berbahan dasar yang berbeda, namun bumbu yang di gunakan tetap sama. Bumbu tersebut juga disesuaikan dengan bahan dasarnya sehingga memiliki cita rasa yang pas dengan bahan dasarnya.  Di Cilacap sendiri makanan ini sangat terkenal. Dari 2 jenis Brekecek tadi yang paling digemari dan di jual adalah Brekecek ikan, karena bahan dan rasanya yang unik. Selain itu, karena Cilacap sebagai daerah pesisir pantai dan merupakan penghasil ikan sehingga bahan yang digunakan mudah dicari. Meskipun begitu, namun Brekecek basur ini tidak kalah nikmatnya, karena diolah dengan cara yang khusus sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Brekecek ini merupakan makanan daerah yangmemiliki cita rasa khas, rasa gurih, manis dan pedas pada kuah yang meresap kedalam daging memberikan kelezatan tersendiri pada masakan ini. Selain itu aroma rempah yang sangat terasa pada kuahnya, menambah kenikmatan pada Brekecek ini. Brekecek sangat nikmat disajikan selagi hangat bersama dengan nasi. Karena menggunakan kepala ikan sebagai bahan dasarnya, banyak orang yang suka menyeruput kepala ikan ini. Dari situlah sensasi dalam menikmati makanan ini.

Referensi dari www.negerikuindonesia.com

iongin melihat paket wisata menarik dari kami, klik disini
 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply